Sabtu, 09 Maret 2019

Rantai Makanan

Halo semuanya saya disini akan membahas tentang rantai makanan. Sebelum membahas contoh rantai makanan dan penjelasannya, Kita harus mengerti apa arti rantai makanan. Rantai makanan adalah perjalanan memakan dan dimakan dengan urutan tertentu antar makhluk hidup. Apa saja contoh-contohnya;
1. Rantai makanan di sawah


Yang pertama kita membahas tentang rantai makanan di sawah. Pertama padi yang menjadi produsen membuat makanan dengan menyerap air dan sinar matahari. Kedua padi dimakan belalang. Ketiga belalang dimakan katak. Ketiga katak dimakan ular. Keempat ular dimakan elang sebagai konsumen paling atas karena sudah tidak ada hewan yang memakan elang. Setelah beberapa waktu elang mati,bangkainya diuraikan oleh makhluk hidup pengeruai seperti jamur dan bakteri.

2. Rantai makanan di laut
Ekosistem di laut terdiri dari beberapa makhluk hidup antara lain; fitoplankton,zooplankton,ikan kecil,Ikan sedang,dan ikan besar. pertama fitoplankton membuat makanan dengan energi matahari. Kedua fitoplankton dimakan zooplankton. Ketiga zooplankton dimakan ikan kecil. Keempat ikan kecil dimakan ikan sedang. Kelima ikan sedang dimakan ikan besar. setelah beberapa waktu berlalu ikan besar mati,kemudian bangkainya diuraikan bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar